Alasan Orang Memilih Lantai Kayu Merbau

By | May 30, 2020

Dalam dunia kayu, siapa sih yang tidak kenal dengan kayu merbau ? Kayu keras dari wilayah timur Indonesia ini dikenal karena memiliki kekuatan kelas 1 hampir setara dengan kayu ulin. Kayu merbau banyak tumbuh di daerah papua dan maluku. Selain itu, dataran kalimantan juga menjadi habitat bagi jenis kayu ini.

Kayu merbau identik dengan serat yang menyerupai kayu kelapa atau glugu. Warnanya yang kemerahan membuat kayu ini sangat eksotis untuk dimanfaatkan sebagai material konstruksi. Tak terkecuali juga sebagai bahan pembuatan lantai kayu solid (parket/parquete) yang kehadirannya semakin diminati kalangan menegah baru.

bagi sebagian besar orang, lantai kayu yang baik identik dengan corak / serat kayunya yang ramai seperti halnya kayu jati maupun sungkai. Jika hal ini yang dicari, maka hal tersebut tidak akan ditemukan pada parket merbau. Biasanya, alasan orang memilih jenis lantai kayu merbau adalah sebagai berikut :

  1. Merbau merupakan kayu kuat kelas 1
  2. Mempunyai daya tahan dari serangan rayap yang sangat baik
  3. Serat dan coraknya sederhana alias tidak terlalu ramai
  4. Terkesan mewah dan elegan
  5. Harga lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis kayu jati.
Parquetee merbau

Aplikasi lantai kayu merbau pada ruang tamu semakin menunjukkan kelasnya tersendiri

Mengapa warna lantai kayu tidak seragam (sama) ?

Bagi yang masih awam, pada saat memutuskan menggunakan lantai kayu solid biasanya akan mencari corak dan warna kayu yag sama atau seragam. Namun hal tersebut tidak akan didapatkan, karena dalam satu batang kayu yang dibelah, pasti sudah terdapat perbedaan corak serta maupun warnanya, sehingga mustahil mendapatkan warna kayu dan corak serat yang seragam dalam jumlah banyak.

Lantai kayu merbau pun demikian, biasanya akan didapati 3 jenis warna pada parket merbau, yaitu : Light, Dark, dan Medium.

Berapa ukuran standar lantai kayu merbau ?

Sebagaimana jenis lain, lantai kayu merbau juga mempunyai ukuran standar yang sama yaitu :

Jenis Mini Flooring

  • Tebal 1 atau 1,2 cm
  • lebar 7 cm
  • Panjang dari 30 s.d. 120 cm

Jenis Standar

  • Tebal 1,5 cm
  • lebar 9 cm
  • Panjang dari 30 s.d. 120 cm

Jenis Jumbo

  • Tebal 1,5 atau 1,8 cm
  • lebar 12 cm
  • Panjang dari 30 s.d. 120 cm

Adapun harga lantai kayu merbau, tentu setiap produsen akan mennjual dengan harga yang berbeda – beda sesuai dengan standart mutu dan kualitas yang dipakai. akan didapati perbedaan harag lagi jika sudah sampai di tangan retail / resell, maupun kontraktor.

Jika ingin mengetahui harga lantai kayu merbau dari SirapMas silakan klik DI SINI

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *