Cara Menghitung Lantai Kayu

By | November 18, 2020
Bagikan:

Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Kayu itu Mudah, Begini !

Berhasil memiliki sesuatu yang sesuai keingingan adalah idaman bagi setiap orang. Nah, jika anda sedang ngidam dengan lantai kayu, pasti sering melihat contoh-contoh lantai kayu ataupun ngepoin sambil membanding-bandingkan harga produk lantai kayu di berbagai macam marketplace sebagai referensi.

Namun yang sering menjadi kendala biasanya adalah anda sendiri belum tahu benar berapa banyak lantai kayu yang anda butuhkan. Padahal salah satu bagian penting dalam pertimbangan memilih lantai kayu adalah menyesuaikan berdasar kebutuhan dan budget. Jadi, mengetahui cara menghitung kebutuhan lantai kayu itu penting, lho!

Agar terhindar dari pembengkakan biaya dan ketidakefisienan saat memesan lantai kayu, Kami akan memberikan cara mudah menghitung estimasi kebutuhan lantai kayu hunian anda.

Caranya sebenarnya sangatlah mudah, dengan menerapkan rumus di bawah ini, anda akan tepat mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan dengan cepat.

Pertama, mulailah ukur volume luas pada ruang yang akan dipasang lantai kayu dengan memakai rumus V = P x L (Volume = Panjang x Lebar).

Kedua, persiapkan 5-10 % dari volume total luas di atas sebagai cadangan dan waste, ini dimaksudkan sebagai langkah antisipatif ketika terjadi hal-hal di luar dugaan sewaktu pengerjaan. Ingat, di lapangan lebih kompleks daripada di atas kertas, lho!

Ketiga, ukurlah keliling dari ruangan yang akan dipasang lantai kayu dengan memakai rumus K= 2x (P + L)   (Keliling = 2x (Panjang + Lebar). Tujuan dari mengukur keliling adalah untuk mengetahui kebutuhan skriting atau lis pada dinding ruangan tersebut.

Sebagai contoh mudahnya begini, misalkan ruangan anda memiliki ukuran panjang 5 meter dan lebar 3 meter, maka:

  • Volume ruangan adalah  V = P x L / V = 5 x 3, hasilnya adalah 15 m2
  • Cadangan adalah 10% x total volume 15m2, hasilnya adalah 1,5 m2
  • Jadi, total kebutuhan lantai kayu anda adalah 15 m2 + 1,5 m2 = 16,5 m2.

 Jika anda ingin menambahkan lis dinding maka ditambah rumus keliling K = 2x (P + L) / K = 2x (5 + 3) hasilnya 16 m lari. Karena ukuran kayu pada material lis yang berbeda, anda perlu menghitungnya secara terpisah.

Sangat mudah dan membantu, kan? Jika masih belum yakin dan bingung mengenai cara menghitung kebutuhan lantai kayu, anda bisa mengkonsultasikannya dengan kami sekaligus mengecek Harga Lantai Kayu (link)

Bagikan: