Mengenal Kayu Ulin, dari manfaat hingga harga

By | December 30, 2020

Kayu Ulin merupakan salah satu jenis kayu besi yang tumbuh daratan kalimantan. Ada beberapa jenis kayu yang disebut dengan kayu besi oleh masyarakat di beberapa pulau di Indonesia, salah satunya kayu besi Kalimantan yang dikenal dengan nama kayu ulin.

Ulin ( Erere) atau disebut juga dengan bulian atau kayu besi adalah pohon berkayu dan merupakan tanaman khas Kalimantan[1] .Ulin adalah jenis pohon asli Indonesia (indigenous tree species) yang digolongkan ke dalam suku Lauraceae. Ulin memiliki tinggi pohon umumnya 30,35 m, diameter setinggi dada (dbh) 60-120 cm. Batang lurus berbanir, tajuk berbentuk bulat dan rapat serta memiliki percabangan yang mendatar.[2]

Telah ditemukan 4 (empat) varietas ulin di Kalimantan Barat yang dibedakan berdasarkan kegunaan dan warna batang yaitu: [3]

  • Ulin tando dengan warna batang coklat kemerahan
  • Ulin lilin dengan batang coklat gelap
  • Ulin tembaga dengan warna batang kekuningan
  • Ulin kapur dengan warna batang coklat muda.

Ulin tando, lilin dan tembaga biasanya digunakan untuk pondasi bangunan dan lantai. Ulin kapur merupakan satu-satunya ulin yang mudah dibelah sehingga cocok untuk bahan baku atap sirap.[3]

Ciri ciri kayu ulin

Tumbuh di dataran rendah

Kayu ulin tumbuh banyak dijumpai di dataran rendah Kalimantan dengan ketinggian antara 5 s.d. 400 mdpl dan tumbuh secara berkelompok di dalam hutan.

Batang lurus dan tinggi

Selain itu, diameter kayu ulin biasanya natar 60-120 cm dengan ketinggian bisa mencapai 50 meter dengan batang lurus dan kulit kayu yang licin.

Serat padat dan keras

Serta kayu ulin sangat padat sehingga sangat keras untuk dipotong dan tidak mudah diresapi oleh benda cair. Terbukti saat berada di proses pengeringan atau kiln dry memakan waktu yang cukup lama. Begitu juga saat dilakukan pengecatan membutuhkan waktu 3 kali lipat dari kayu bengkirai untuk boisa kering normal.

Warna Kuning saat dipotong

Jika dipotong dengan gergaji, kayu kulin akan kelihatan kuning meskipun sudah lama ditebang, dan warna akan berubah menjadi abu abu kehitaman jika terendam oleh air dan merah kecoklatan yang tua jika didiamkan dalam waktu cukup lama di area yang kering.

Aroma yang khas

Bagi yang sudah mengenal berbagai jenis kayu di Indonesia, Kayu ulin mempunyai aroma atau bau yang khas, sehingga mudah dikenali dan sangat sulit untuk dioplos dengan jenis kayu lainnya.

Kekuatan Kayu Ulin

Kayu ulin dikenal sebagai kayu yang sangat tahan dari pelapukan alami akibat perubahan cuaca, suhu, iklim hingga pengaruh air laut.

Selain akibat pengaruh alam, kayu ulin juga dikenal awet karena mempunyai daya tahan sangat baik dari serangan hama rayap, sehingga sangat cocok digunakan untuk konstruksi bangunan yang mempunyai kontak langsung dengan tanah.

Kayu ini digolongkan dalam kekuatan dan kekerasan kelas 1 dan mempunyai berat jenis hingga 1,4 ton per kubik, maka kayu ini sangat berat untuk diangkat.

Dalam pemanfaataannya untuk kebutuhan manusia, kayu ulin mempunyai daya tahan sangat baik hingga usia puluhan tahun. Sebagai bahan atap sirap misalnya, kayu ulin bisa tahan mencapai 50 tahun meskipun kena panas dan hujan.

Manfaat kayu ulin dan kegunaan kayu ulin

Karena kekuatannya tersebut, maka kayu ulin banyak dimanfaatkan untuk bahan bangunan dengan berbagai keperluan seperti struktur dan tiang pancang, konstruksi rumah, konstruksi jembatan, lantai kayu outdoor bahkan atap rumah sebagai pengganti genteng.

Kelemahan kayu Ulin

Meski dikenal dengan kayu super kuat dan awet, tetap saja kayu ulin mempunyai kelemahan bawaan yang tidak bisa dihindari. Serat kayunya yang sangat padat sebagaimana jenis kayu keras lainnya, maka kayu ulin juga rentan terhadap retak rambut dan pecah meskipun tidak mengurangi kekuatan kayu tersebut.

Jadi, kayu ulin sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan konstruksi outdoor yang lebih mengutamakan kekuatan daripada keindahan sebagaimana jenis kayu untuk indoor.

Harga Kayu ulin

Harga kayu ulin sangat bervariasi tergantung ukuran, kualitas dan jenis produknya. Berikut kami sampaikan beberapa harga dari mulai balok hingga bahan jadi siap pakai diantaranya sebagai berikut :

Harga kayu ulin balok gergajian 6x15x400 cm Rp. 612.000/batang

Harga kayu ulin balok gergajian 6x12x400 cm Rp. 489.000/batang

Harga Kayu Ulin Planer halus ukuran matang 2x11x400 cm Rp. 316.800/batang

Harga Reng Kayu Ulin 2x4x100 cm Rp. 14.000/batang

Harga Sirap kayu Ulin Rp. 2100/keeping

Harga Decking Kayu Ulin 1,9x9xpanjang random Rp. 535.000/m2

Baca Juga : Harga update sirap kayu ulin kalimantan

 

Demikian informasi mengenai kayu ulin yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat dan menjadi panduan bagi anda yang sedang mencari informasi untuk kebutuhan kayu ulin.

Pesan kayu Ulin ?

Untuk pemesanan kayu ulin dengan berbagai kustom ukuran silakan menghubungi kami :

Whatsapp 0813 9240 5723

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *